Skip to main content

Blog entry by Aryadi Gunawan

E-Learning Dan LMS

E-Learning Dan LMS

Sebelum kita mengetahui apa itu LMS, sebaiknya sobat terlebih dahulu mengetahui apa itu E-Learning ?. Sobat bisa cari sih pengertian-pengertian elearning di Internet, pada artikel ini Tim humbel memberikan 2 (dua) definisi elearning.


” Elearning adalah Sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupunkomputer standalone (Personal Computer).


(LearnFrame.Com) “


Elearning dapat juga di artikan  Jenis pembelajaran yang memungkinkan tersampaikannya bahana jar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringankomputer lain


Karena ditujukan untuk keperluan pembelajaran, maka dalam pengembangan atau pemanfaatannya Elearning perlu didesain untuk tujuan pembelajaran.


Pelaksanaan pembelajaran dengan E-Learning pada dasarnya sama dengan alur pembelajaran konvensional, tetapi dengan adanya elearning proses transfer ilmu tidak lagi di batasi oleh ruang dan waktu, dengan bantuan LMS (Learning Management System).


Sebuah LMS hendaknya dapat mempunyai fasilitasi seperti : 


Manajemen Kelas : Membuat Kelas, Registrasi Siswa

Kelengkapan Belajar Mengajar : Silabus Mata Pelajaran, Materi, Bahan Bacaan, Referensi

Diskusi Dan Komunikasi : Forum, Group, Chatting, Pengumuman

Fitur Ujian Dan Penugasan :Test, Quiz, Tugas Mandiri



Penerapan LMS sebenarnya sudah bisa di terapkan di suatu lingkungan Institusi pendidikan dari jenjang sekolah menengah pertama, menengah atas, sampai ke tingkat perguruan tinggi.


Silahkan simak penjelasan video berikut untuk mengetahui dan memahami bagaimana sebuah LMS dapat bekerja membantu proses transformasi ilmu.


  • Share

Reviews