Loncat ke konten utama

Pokok Topik Kursus

  • I. Pendahuluan E-Modul Senyawa Hidrokarbon

  • II. Kegiatan Pembelajaran E-Modul Senyawa Hidrokarbon

  • III. Latihan Mandiri

  • IV. Rangkuman

    Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa organik paling sederhana yang terdiri atas unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Senyawa organik yang lebih kompleks tidak hanya mengikat unsur C dan H, tetapi juga unsur O, N, P dan S. Kadang senyawa organik juga mengikat unsur halogen seperti unsur F,Cl, Br, I. Sumber senyawa organik atau senyawa karbon antara lain 1) tumbuhan dan hewan; 2) batu bara; dan 3) gas alam dan minyak bumi.

    Kekhasan atom karbon dalam bentuk senyawa hidrokarbon diantaranya 1) atom karbon memiliki 4 elektron valensi; 2) atom karbon relatif kecil; 3) atom karbon dapat membentuk rantai karbon. Posisi atom karbon berdasarkan  jumlah  atom  karbon  lain yang  terikat pada atom karbon induk,  posisi atom karbon dibedakan menjadi empat, yaitu 1) atom  karbon   primer ; 2)atom karbon sekunder; 3) atom  karbon  tersier; dan 4) atom karbon kuartener.

    Penggolongan Senyawa Hidrokarbon dibedakan berdasarkan 1) jenis ikatan antara lain: a) hidrokarbon jenuh; dan b) hidrokarbon tidak jenuh; dan 2) bentuk rantai karbon antara lain: a) hidrokarbon alifatik (alifatik jenuh dan alifatik tidak jenuh), b) hidrokarbon siklik (alisiklik, homosiklik dan heterosiklik) dan c) hidrokarbon aromatik.

    Alkana merupakan senyawa hidrokarbon yang memiliki ikatan kovalen tunggal dengan rumus umum:  (CnH2n+2) dan sumber utama alkana adalah minyak bumi. Alkena adalah senyawa hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap dua antara dua atom karbonnya dengan rumus umum:  (CnH2n). Alkuna adalah senyawa hidrokarbon yang mempunyai satu ikatan rangkap tiga antara atom C pada rantai karbonnya dengan rumus umum: (CnH2n-2).

    Isomer merupakan senyawa-senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi mempunyai rumus struktur berbeda. Reaksi pada senyawa hidrokarbon dibedakan menjadi empat yaitu, sebagai berikut: 1) Reaksi Adisi (pada alkena dan alkuna); 2) Reaksi eliminasi meliputi a) Reaksi Dehidrohalogenasi, Reaksi Dehidrogenasi, b) Reaksi dehidrasi; 3) Reaksi Substitusi; dan 4) Reaksi Oksidasi.Senyawa hidrokarbon maupun senyawa karbon selalu berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari manusia dalam berbagai bidang antara lain: 1)Bidang Pangan; 2)Bidang Sandang; 3)Bidang Papan; dan 4)Bidang Seni dan Estetika.


    • V. Evaluasi Mandiri